Kebijakan Privasi
Kebijakan Privasi dan Penggunaan Data PribadiPT Pasar Dana Pinjaman ("Danamas") adalah perusahaan pendanaan berbasis teknologi informasi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") sebagai Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dengan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") No. KEP-49/D.05/2017 tanggal 6 Juli 2017 sehingga pelaksanaan kegiatan usahanya diawasi secara ketat oleh OJK berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 ("POJK 10") tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.
Dalam memberikan Layanan, dibutuhkan Data Pribadi, dalam ketentuan adalah setiap data personal tentang Pengguna yang teridentifikasi baik benar ataupun tidak mengenai seseorang/korporasi tersebut yang datanya dapat Danamas identifikasi, analisa, dan verifikasi baik dari data itu sendiri ataupun dari data/informasi lainnya yang Danamas miliki dan/atau yang mungkin akses terhadapnya Danamas miliki termasuk data dalam catatan internal yang dapat diperbaharui tiap saat dari waktu ke waktu. Ketentuan tentang Pengumpulan dan Penggunaan Data Pribadi ini berlaku mengikat, dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh setiap Pengguna serta wajib diperhatikan dan dipatuhi oleh setiap Pengguna sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat 11 POJK 10, yaitu Pemberi Dana dan Penerima Dana yang menggunakan Layanan Danamas atau memanfaatkan Platform Danamas. Keberlakuan dan daya mengikat secara hukum ini terhadap Pengguna adalah:
- terdaftar sebagai "pengguna" pada Platform Danamas berdasarkan Perjanjian Pemberian Fasilitas Pendanaan sebagai dasar hukum yang mengawali, meresmikan dan mengikat Pemberi Dana secara hukum sebagai "Pengguna" Layanan Danamas berdasarkan POJK 10 ("Perjanjian Pemberian Fasilitas Pendana"); dan/atau
- masih dan akan memiliki hak tagih yang mungkin dan akan timbul atas pengembalian, pembayaran dan pelunasan piutangnya kepada Penerima Dana berdasarkan perjanjian pendanaan, utang piutang atau pinjam meminjam terkait berikut perubahannya dari waktu ke waktu termasuk dokumen pendukung (surat pernyataan, persetujuan, perjanjian kerahasiaan atau non-disclosure agreement dan lain sebagainya) dan jaminan lainnya (jika ada) ("Perjanjian Pendanaan").
- Penerima Dana setuju mengajukan permohonan perolehan pendanaan melalui Supplio dan memberikan persetujuan kepada DANAMAS untuk mengumpulkan, menyimpan, melakukan verifikasi, menggunakan, mengolah, melakukan analisis data dan/ atau informasi pribadi dan/ atau perusahaan saya baik oleh internal DANAMAS maupun bersama-sama dengan pihak ketiga yang bekerja sama dengan DANAMAS untuk penilaian dan proses lebih lanjut.
- Masih memiliki kewajiban, tanggung jawab finansial, utang atau hal sejenisnya terhadap Pemberi Dana dan/atau Danamas berdasarkan Perjanjian Pendanaan.
- Masih dan sedang dalam proses pengajuan permohonan perolehan Dana berikut penilaian terhadapnya oleh Danamas atau perwakilannya.
- Sedang tidak menerima pendanaan melalui lebih dari 3 (tiga) Penyelenggara, termasuk Danamas.
Ketentuan Khusus
"Data Pribadi" adalah segala data, keterangan, informasi dan dokumen Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, perusahaan atau penyedia jasa bagi Pengguna dan/atau pihak lain yang terkait) yang disimpan, dirawat dan dijaga termasuk data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya yang:
- dipersyaratkan atau diperoleh Danamas dari Pengguna atau diserahkan, disingkapkan, diunduh atau diajukan Pengguna melalui Platform Danamas atau sumber daya Danamas;
- diperoleh atau diakses secara sah oleh Danamas berdasarkan kebijakan dan prosedur internal Danamas terkait Layanan Danamas selama Pengguna masih terikat pada Pengumpulan dan Penggunaan Data Pribadi (PPDP) ini; dan/atau;
- merupakan data atau informasi yang wajib diserahkan dan/atau telah diberikan oleh Pengguna sebagai suatu kewajiban menurut ketentuan Perjanjian Perjanjian Dana atau secara sukarela dari waktu ke waktu dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang ada.
Kebenaran Data Pribadi
Pengguna dengan ini menjamin bahwa
- Semua data dan dokumen yang berikan adalah benar, lengkap, berupa dokumen asli, sah dan terbaru sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Jika terjadi perubahan, Pengguna wajib memberitahukan perubahan tersebut secara tertulis kepada Platform.
- Pengguna dengan ini membebaskan Danamas dari segala bentuk tuntutan/gugatan dari pihak manapun termasuk dari Pengguna sehubungan dengan pengisian dan pelaksanaan pemberian data dan dokumen [non-elektronik/ elektronik] ini, dalam hal terdapat kesalahan informasi di dalam data atau dokumen yang Pengguna berikan.
- Apabila sewaktu-waktu Danamas memerlukan informasi lainnya untuk layanan/ produk Pengguna, maka Pengguna bersedia memberikan informasi yang bersesuaian.
Danamas berhak meminta, memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi Pengguna dalam rangka atau terkait dengan upaya atau tujuan:
- Pemberian akses kepada Pengguna dan memfasilitasi penggunaan Platform Danamas dan memastikan bahwa Konten Situs, Produk, Layanan, Layanan Interaktif, Konten Pihak Ketiga dan Situs Pihak Ketiga ditampilkan dengan cara yang paling efektif untuk Pengguna dan Perangkat Pengguna;
- Penilaian, analisis, verifikasi, menjalankan ketentuan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer), validasi atau pemeriksaan terhadap:
- permohonan atau aplikasi perolehan pemberian dan/atau Penerima Dana;
- proses atau permohonan pendaftaran sebagai Pemberi Dana;
- proses penilaian credit rating; dan/atau
- profil Pengguna;
- Pemenuhan hak dan kewajiban Danamas berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, Perjanjian Pemberian Dana dan/atau Perjanjian Pendanaan;
- Pelaksanaan dan pengawasan atas pelaksanaan Perjanjian Pemberian Dana dan/atau Perjanjian Pendanaan;
- Pelaksanaan kegiatan usaha dan operasional Danamas dari waktu ke waktu;
- Pelaksanaan (termasuk, namun tidak terbatas pada, penagihan jumlah yang terutang kepada Danamas) atau Pembelaan hak-hak Danamas yang berasal dari kontrak atau lainnya;
- Survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau layanan oleh Danamas atau pihak-pihak lainnya yang berkepentingan;
- Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Danamas dengan tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan umum pada Pedoman Kebijakan dan Tujuan Pengendalian Keamanan sehingga tetap dapat merekomendasikan suatu rangkaian pengendalian keamanan yang spesifik dan aman;
- Penegakan hukum dan kepatuhan Danamas terhadap terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.
- Lembaga keuangan bank dan non-bank, biro penilai kredit, agen penagihan dan/atau penyedia jasa pihak ketiga lain yang berkepentingan selama hal tersebut terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna;
- Perwakilan, Pihak manapun yang terkait atau merupakan bagian dari Danamas dan berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna untuk tujuan tertentu; dan/atau
- Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, institusi pemerintah lainnya baik atas inisiatif Danamas atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi pemerintah atau pejabat pemerintah.
- Danamas berhak untuk memperoleh, mengumpulkan dan menyimpan Data Pribadi dari dan/atau melalui Platform Danamas, telepon, pesan singkat, diperoleh dari alat, sistem atau sumber daya Danamas, afiliasi atau pihak terkait maupun perwakilan Danamas, maupun yang diakses Danamas dan/atau diajukan oleh Pengguna melalui dan/atau diperoleh dari sistem, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) atau peralatan (devices) yang Danamas atau Pengguna gunakan atau terlibat dalam pemanfaatan dan penggunaan Layanan Danamas dan/atau Platform Danamas.
- Penyimpanan Data Pribadi oleh Danamas adalah selama paling singkat 5 (lima) tahun sesuai ketentuan 15 ayat (3) Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik. Danamas akan melakukan penyimpanan ini sesuai dengan Penerapan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Danamas dengan tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan umum pada Pedoman Kebijakan dan Tujuan Pengendalian Keamanan, baik melalui sistem Danamas atau sistem, server atau database pihak lain atau penyedia jasa pihak ketiga lain di dalam wilayah Republik Indonesia ("Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi").
Danamas berkomitmen penuh untuk tidak memperjualbelikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak manapun, termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi Pengguna kepada pihak manapun.
Danamas tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam wujud apapun atau risiko kerugian yang Pengguna alami atau Pengguna maupun pihak manapun akibat atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk namun tidak terbatas pada sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan, dilalaikan atau melibatkan Danamas maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait Danamas lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum").
Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:
- Danamas dengan ini dibebaskan dari segala bentuk ganti rugi, kewajiban merespon dan tidak dapat dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apapun yang timbul dari dan/atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifisir, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Pengguna alami, berikut bukti yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian Danamas berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
- Danamas dengan ini dibebaskan dari segala bentuk tanggung jawab atas akurasi dan ketepatan (kecuali Data Pribadi yang telah terverifikasi oleh Danamas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Pedoman Kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Pengguna dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Pengguna atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan/atau;
- Danamas tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Pengguna atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi, maka dengan ini Pengguna membebaskan Danamas maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait Danamas dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan dari segala bentuk tuntutan baik secara materil maupun immaterial Pengguna. Namun demikian, Danamas tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Anda perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika Danamas mengetahuinya dari pihak ketiga tersebut.
Untuk memastikan akurasi dan keterbaruan Data Pribadi Pengguna, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan secara tertulis via e-mail kepada Danamas untuk tujuan perubahan, penambahan atau pembaruan Data Pribadi yang sebelumnya telah diperoleh atau dijukan pada Danamas dan setiap permohonan tersebut wajib dikirimkan pada e-mail Danamas di [email protected] untuk dapat ditindaklanjuti oleh Danamas.
Perubahan Terhadap Kebijakan Privasi
Setiap perubahan yang kami lakukan terhadap Kebijakan Privasi kami di masa mendatang akan diposting pada halaman ini dan, jika perlu, diberitahukan kepada Anda melalui email. Harap sering memeriksa kembali untuk melihat pemutakhiran (update) atau perubahan terhadap kebijakan privasi kami.
Kebijakan Penyelenggara
Informasi apa saja yang kami kumpulkan?Kami hanya akan mengumpulkan informasi pribadi Pengguna melalui Aplikasi dan/atau melalui piranti lunak milik pihak ketiga, seperti dengan menggunakan kamera, telepon dan lokasi. Rincian lengkap mengenai setiap informasi pribadi yang ingin kami kumpulkan tersedia pada bagian-bagian yang lebih spesifik di dalam pernyataan Kebijakan Privasi ini.
Informasi pribadi diberikan oleh Pengguna, atau dalam hal menggunakan informasi yang telah ada, akan dikumpulkan secara otomatis apabila Pengguna menggunakan Aplikasi ini.
Semua informasi yang diminta melalui Aplikasi ini merupakan informasi yang wajib diisi oleh Pengguna dimana ketidaklengkapan informasi dapat menyebabkan Pengguna tidak mendapatkan hak penuh atas layanan yang disediakan oleh Penyelenggara. Tetapi apabila di dalam Aplikasi, yang dinyatakan secara jelas, terdapat informasi yang tidak wajib diisi, maka Pengguna dapat untuk tidak mengisi informasi tersebut tanpa menimbulkan konsekuensi kehilangan Layanan yang disediakan oleh Penyelenggara.
Pengguna dapat menghubungi Penyelenggara jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi pribadi yang diwajibkan.
Penggunaan Cookies dan/atau piranti pelacak lainnya di dalam dan/atau piranti lunak milik pihak ketiga yang digunakan dalam Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan layanan terbaik kepada Pengguna. Hal-hal lain terkait penggunaan Cookies terdapat pada halaman mengenai Kebijakan Cookies.
Pengguna bertanggung jawab terhadap seluruh informasi pribadi yang dikirimkan melalui pihak ketiga yang digunakan dalam aplikasi ini serta mengkonfirmasi bahwa Pengguna setuju untuk memberikan informasi tersebut kepada Penyelenggara.
Metode Pengolahan Informasi
Pengelola Informasi akan memproses informasi Pengguna dengan cara yang sesuai dan akan mengambil tindakan pengamanan yang diperlukan untuk mencegah agar akses, pengungkapan, modifikasi, atau penghancuran Informasi yang tidak sah.Pengolahan informasi dilakukan dengan menggunakan komputer dan/atau piranti teknologi informasi, sesuai dengan prosedur dan metode yang diterapkan di dalam Penyelenggara. Untuk keperluan tertentu, informasi-informasi dapat diakses oleh beberapa pihak yang beroperasi di bawah Penyelenggara (seperti tim operasional, sales, marketing, hukum dan administrator sistem) atau pihak ketiga yang telah ditunjuk sebagai pengelola informasi oleh Penyelenggara (seperti Penyedia Layanan teknis, Penyedia Layanan hosting, perusahaan IT, dan lain-lain). Daftar pihak ketiga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.
Lokasi
Informasi-informasi tersebut diolah di lokasi perusahaan pengelola informasi berada dan di lokasi pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan Penyelenggara. Untuk informasi lebih lanjut, Pengguna dapat menghubungi pihak pengelola informasi.
Penyimpanan Informasi
Informasi akan senantiasa disimpan untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan permintaan oleh Pengguna. Apabila tidak terdapat dalam dokumen ini, maka permintaan untuk penyimpanan informasi akan dicantumkan di dalam Aplikasi. Pengguna dapat mengajukan permohonan untuk menangguhkan atau menghapus informasi pribadinya.
Penggunaan Informasi yang Telah Dikumpulkan
Informasi-informasi dan dokumen yang telah diberikan oleh Pengguna digunakan oleh Danamas, baik secara tersendiri atau digabungkan dengan informasi lainnya untuk melakukan identifikasi atas Pengguna, baik secara langsung atau menggunakan jasa pihak ketiga yang Pemberi Pinjaman tunjuk atas setiap keputusan yang Pemberi Pinjaman lakukan melalui Platform.
Persetujuan atas Akses Informasi Pribadi Pengguna
Aplikasi ini akan selalu meminta persetujuan untuk dapat mengakses Informasi Pribadi Pengguna. Secara umum, persetujuan tersebut harus diberikan oleh Pengguna sebelum informasi-informasi tersebut dapat diakses oleh Penyelenggara. Meskipun persetujuan telah diberikan, tetapi persetujuan tersebut dapat ditarik kembali setiap saat oleh Pengguna. Untuk melakukan hal tersebut, Pengguna dapat menghubungi dukungan kontak Penyelenggara.
Prosedur untuk mengelola persetujuan atas aplikasi bergantung pada jenis piranti keras dan lunak Pengguna. Mohon agar dapat diperhatikan oleh Pengguna bahwa dengan pencabutan persetujuan tersebut akan berakibat pada fungsional layanan.Apabila Pengguna telah memberikan persetujuan seperti yang tertuang di bawah ini, maka Informasi Pribadi dapat dikelola (akses, ubah atau hapus) melalui Aplikasi.
Pengguna memahami bahwa Pengguna telah mengizinkan Perusahaan untuk mengumpulkan informasi-informasi tentang Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada galeri, penyimpanan, kamera, lokasi, microphone, IP address dan hardware Pengguna sejak Pengguna mengunjungi dan mengakses Platform. Hanya sejumlah karyawan kami yang memiliki akses ke data pengguna dan sebagian besar dari mereka hanya memiliki akses ke bagian tertentu dari data yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas mereka sebagai bagian dari layanan. Staf Kami tidak diperbolehkan untuk mentransfer atau membawa keluar data dari server kami.
Untuk memberikan pengalaman lebih baik kepada Pengguna, atas layanan/ produk dari Danamas ataupun afiliasi terkait, maka Danamas menjalankan aktifitas promosi/ penawaran dengan memanfaatkan informasi yang telah diberikan Danamas pada layanan/produk yang diikuti.
Pihak ketiga yang dimaksud adalah OJK, AFPI, IdScore, dan PrivyID.